Upaya Pengembangan UMKM Melalui Digital Marketing

Authors

  • Ovy Noviati Nuraini Magetsari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Trisakti
  • Arnolt Kristian Pakpahan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Trisakti
  • Abubakar Arief Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Trisakti
  • Alvito Bastanta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti
  • Ramadani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti
  • Dewi Anggraeni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti

DOI:

https://doi.org/10.55837/di.v3i2.127

Keywords:

digital bisnis, pengembangan usaha, umkm

Abstract

Mengamati aspek industri kecil dan menengah menjadi sumber optimisme yang menjanjikan, namun perlunya disertai dengan persiapan yang matang dan dukungan yang tepat, terutama dari pemerintah. Peran penting industri kecil dalam pengembangan ekonomi semakin relevan seiring dengan tuntutan perubahan zaman, terutama setelah penerapan perdagangan bebas MEA pada 31 Desember 2015. Usaha kecil menengah (UKM) Indonesia berpartisipasi secara kompetitif dan memberikan kontribusi yang lebih besar dibandingkan dengan negara-negara Asean lainnya. Untuk memastikan keberlanjutan, daya saing, dan pertumbuhan UKM di tengah dinamika ekonomi global, Kementerian Koperasi dan UKM memiliki kepedulian dan komitmen untuk mendukung upaya menghadapi pelaksanaan MEA. Ini dilakukan melalui koordinasi, sinkronisasi, sinergi, dan kerjasama di semua tahapan produksi, distribusi, dan pemasaran dalam rangka memberdayakan koperasi dan UMKM. Sebelum mencapai tingkat perkembangan seperti saat ini, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) juga menghadapi beberapa tantangan dalam menjalankan operasionalnya, yang antara lain adalah Keterbatasan Penguasaan Teknologi, Keterampilan Pemasaran, Kendala Modal dan Risiko Penipuan. Mengatasi permasalahan yang dihadapi UMKM, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Trisakti sebagai bentuk Tridharma Perguruan Tinggi memberikan pemahaman mengenai konsep digital marketing sebagai bentuk pengembangan usaha UMKM pada kelompok UMKM Rufata. UMKM Rufata yang terletak di Gudang Sarinah Pancoran ini merupakan usaha kuliner yang terdiri dari beberapa jenis kuliner diantaranya Kantin Si Uda, Kedai Anna, Warmindo Dua Putri, Pawon Ibu ‘Q, Kantin Berkat, Kedai Ozira, Bakso Malang, Sate Padang Ali dan D’Sabda Café. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan para peserta UMKM dapat mengembangkan bisnisnya yang nantinya akan dapat meningkatkan pendapatan dan laba usaha.

References

Astarini, S. (2021, September 14). Tren Digitalisasi Marketing Via Sosial Media Kala Pandemi. Retrieved from CNBC Indonesia: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20210914143815-39-276158/trendigitalisasi-marketing-via-sosial-media-kala-pandemi

Herdiyani, S., Barkah, C. S., Auliana, L., & Sukoco, I. (2022). Peranan Media Sosial dalam Mengembangkan Suatu Bisnis: Literature Review. Jurnal Administrasi bisnis (JAB), 103-121.

Malik, I. (2020). Strategi Perencanaan dan PengembanganBisnis dalam Menghadapi Perdagangan Bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN. NEGOTIUM: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 39-61.

Panjadinata, D. (2023, Juli 24). Pentingnya Digital marketing untuk Meningkatkan UMKM. Retrieved from LLDIKTI Wilayah V Yogyakarta: https://lldikti5.kemdikbud.go.id/home/detailpost/pentingnya-digitalmarketing-untuk-meningkatkan-umkm

Putri, N. H. (2021, Agustus 12). Teknoligi Maju, Digital Marketing Jadi Tren Baru. Retrieved from Diskominfo Prov. Kaltim: https://diskominfo.kaltimprov.go.id/teknologi/teknologi-maju-digital-marketing-jaditren-baru

Wono, H. Y., Supriaddin, N., Amin, F., Indriastuti, Y., & Sufa, S. A. (2023). Media Sosial, Literasi Digital, dan Inovasi Bisnis Trikotomi Baru dalam Manajemen Strategi. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 77-86.

Downloads

Published

2025-04-25

How to Cite

Magetsari, O. N. N., Pakpahan, A. K., Arief, A., Alvito Bastanta, Ramadani, & Dewi Anggraeni. (2025). Upaya Pengembangan UMKM Melalui Digital Marketing. Dirkantara Indonesia, 3(2), 41–46. https://doi.org/10.55837/di.v3i2.127

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)