Upaya Pengembangan UMKM Melalui Digital Marketing
DOI:
https://doi.org/10.55837/di.v3i2.127Keywords:
digital bisnis, pengembangan usaha, umkmAbstract
Mengamati aspek industri kecil dan menengah menjadi sumber optimisme yang menjanjikan, namun perlunya disertai dengan persiapan yang matang dan dukungan yang tepat, terutama dari pemerintah. Peran penting industri kecil dalam pengembangan ekonomi semakin relevan seiring dengan tuntutan perubahan zaman, terutama setelah penerapan perdagangan bebas MEA pada 31 Desember 2015. Usaha kecil menengah (UKM) Indonesia berpartisipasi secara kompetitif dan memberikan kontribusi yang lebih besar dibandingkan dengan negara-negara Asean lainnya. Untuk memastikan keberlanjutan, daya saing, dan pertumbuhan UKM di tengah dinamika ekonomi global, Kementerian Koperasi dan UKM memiliki kepedulian dan komitmen untuk mendukung upaya menghadapi pelaksanaan MEA. Ini dilakukan melalui koordinasi, sinkronisasi, sinergi, dan kerjasama di semua tahapan produksi, distribusi, dan pemasaran dalam rangka memberdayakan koperasi dan UMKM. Sebelum mencapai tingkat perkembangan seperti saat ini, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) juga menghadapi beberapa tantangan dalam menjalankan operasionalnya, yang antara lain adalah Keterbatasan Penguasaan Teknologi, Keterampilan Pemasaran, Kendala Modal dan Risiko Penipuan. Mengatasi permasalahan yang dihadapi UMKM, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Trisakti sebagai bentuk Tridharma Perguruan Tinggi memberikan pemahaman mengenai konsep digital marketing sebagai bentuk pengembangan usaha UMKM pada kelompok UMKM Rufata. UMKM Rufata yang terletak di Gudang Sarinah Pancoran ini merupakan usaha kuliner yang terdiri dari beberapa jenis kuliner diantaranya Kantin Si Uda, Kedai Anna, Warmindo Dua Putri, Pawon Ibu ‘Q, Kantin Berkat, Kedai Ozira, Bakso Malang, Sate Padang Ali dan D’Sabda Café. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan para peserta UMKM dapat mengembangkan bisnisnya yang nantinya akan dapat meningkatkan pendapatan dan laba usaha.
References
Astarini, S. (2021, September 14). Tren Digitalisasi Marketing Via Sosial Media Kala Pandemi. Retrieved from CNBC Indonesia: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20210914143815-39-276158/trendigitalisasi-marketing-via-sosial-media-kala-pandemi
Herdiyani, S., Barkah, C. S., Auliana, L., & Sukoco, I. (2022). Peranan Media Sosial dalam Mengembangkan Suatu Bisnis: Literature Review. Jurnal Administrasi bisnis (JAB), 103-121.
Malik, I. (2020). Strategi Perencanaan dan PengembanganBisnis dalam Menghadapi Perdagangan Bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN. NEGOTIUM: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 39-61.
Panjadinata, D. (2023, Juli 24). Pentingnya Digital marketing untuk Meningkatkan UMKM. Retrieved from LLDIKTI Wilayah V Yogyakarta: https://lldikti5.kemdikbud.go.id/home/detailpost/pentingnya-digitalmarketing-untuk-meningkatkan-umkm
Putri, N. H. (2021, Agustus 12). Teknoligi Maju, Digital Marketing Jadi Tren Baru. Retrieved from Diskominfo Prov. Kaltim: https://diskominfo.kaltimprov.go.id/teknologi/teknologi-maju-digital-marketing-jaditren-baru
Wono, H. Y., Supriaddin, N., Amin, F., Indriastuti, Y., & Sufa, S. A. (2023). Media Sosial, Literasi Digital, dan Inovasi Bisnis Trikotomi Baru dalam Manajemen Strategi. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 77-86.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ovy Noviati Nuraini Magetsari, Arnolt Kristian Pakpahan, Abubakar Arief, Alvito Bastanta Trisakti, Ramadani Trisakti, Dewi Anggraeni Trisakti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Similar Articles
- Gatri Lunarindiah, Dyah Astarini , Kristian Chandra , Rayhan Fadillah , Shandrina Fahira , Dewi Anggraeni , Konsep Digital Marketing Sebagai Bentuk Pengembangan Usaha UMKM Pada Kelompok UMKM Rufata , Dirkantara Indonesia: Vol. 3 No. 1: Maret-Agustus 2024
- Catur Rahayu Martiningtiyas, Asep Hermawan, Nuraini Chaniago, Beta Oki Baliartati, Nila Lestari, Peran Media Sosial untuk Pemasaran Digital , Dirkantara Indonesia: Vol. 1 No. 1: Maret-Agustus 2022
- Catur Rahayu Martiningtiyas, Ina Oktaviana, R Ajeng Entaresmen, Sofia Baisah, Sarah Alza Fadhilah, Pelatihan Pemasaran untuk Pengembangan UMKM Pasca Pandemi Covid-19 , Dirkantara Indonesia: Vol. 2 No. 2: September-Februari 2024
- Kurniawati, Hermanto Yaputra, Titik Aryati, Strategi Positif e-WOM dalam Meningkatkan Purchase Intention , Dirkantara Indonesia: Vol. 3 No. 1: Maret-Agustus 2024
You may also start an advanced similarity search for this article.
Most read articles by the same author(s)
- Arnolt Kristian Pakpahan, Luki Adiati Pratomo , Shafrani Dizar , Yuana Jatu Nilawati , Alvito Basnanta Tarigan , Ramadani , Dewi Anggraeni , Aplikasi dalam Konteks Bisnis dan Akuntansi , Dirkantara Indonesia: Vol. 3 No. 1: Maret-Agustus 2024
- Arnolt Kristian Pakpahan, Sri Vandayuli Riorini, Aqamal Haq, Pendampingan Praktek Pembuatan Akun Sosial Media untuk Pemasaran Produk , Dirkantara Indonesia: Vol. 2 No. 1: Maret-Agustus 2023
- Anita Roosmalina Matusin, Dedie S Martadisastra, Ovy Noviati Nuraini Magetsari, Dini Hariyanti, Pengelolaan Keuangan Yang Efektif Bagi Wirausaha Di Kelurahan Krendang Jakarta Barat , Dirkantara Indonesia: Vol. 2 No. 2: September-Februari 2024
- Cicely Delfina Harahap, Titik Aryati, Kurniawati, Siti Mainah , Saskia Azahra Fauziah , Dewi Anggraeni , Pelatihan Meningkatkan Kompetensi Siklus Akuntansi Bagi Guru SMK , Dirkantara Indonesia: Vol. 3 No. 2 (2025): September-Februari