Strategi Positif e-WOM dalam Meningkatkan Purchase Intention

Authors

  • Kurniawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Trisakti
  • Hermanto Yaputra Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Trisakti
  • Titik Aryati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti

DOI:

https://doi.org/10.55837/di.v3i1.117

Keywords:

Electronic Word of Mouth, Media Sosial, UMKM, Pemasaran Digital

Abstract

Artikel ini menguraikan pelaksanaan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang dilakukan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti, yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan pelaku UMKM Rufata dalam memanfaatkan Electronic Word of Mouth (e-WOM) dan media sosial untuk promosi usaha. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membantu UMKM yang mengalami kesulitan dalam meningkatkan penjualan akibat keterbatasan akses pasar dan sumber daya. Dalam konteks persaingan bisnis kuliner yang semakin ketat, penerapan teknologi digital dan media sosial menjadi kunci untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan visibilitas. Metode pelaksanaan PkM terdiri dari beberapa tahap. Pertama, observasi dilakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan dan masalah yang dihadapi UMKM Rufata. Selanjutnya, sosialisasi dan koordinasi dilakukan untuk memastikan semua pihak terkait memahami program yang akan dijalankan. Tahap berikutnya adalah pelatihan dan pendampingan, di mana peserta diberikan materi tentang e-WOM dan strategi pemasaran digital, diikuti dengan sesi tanya jawab dan praktik langsung. Terakhir, dilakukan evaluasi untuk mengukur efektivitas program melalui pre-test dan post-test, serta kuesioner kepuasan peserta. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta, dengan skor rata-rata pre-test meningkat 68.48% setelah pelatihan. Kuesioner kepuasan juga menunjukkan hasil positif, dengan mayoritas peserta merasa puas terhadap materi dan pelaksanaan pelatihan. Keberlanjutan program ini diharapkan dapat tercapai melalui penerapan pengetahuan yang telah diperoleh dalam promosi dan penjualan produk mereka, serta memperluas dampak positif dari pelatihan ini untuk pengembangan UMKM di masa depan.

References

Abdi, H. (2021). 34 Makanan Indonesia Beserta Daerah Asalnya, dari Sabang Sampai Merauke. Liputan6. https://www.liputan6.com/hot/read/4473326/34-makanan-indonesia-beserta-daerah-asalnya-dari-sabang-sampai-merauke

Andriyani, B., Fitriani, N. M., & Rahardja, C. T. (2022). Analisis Pengaruh Electronic Word of Mouth melalui Instagram terhadap Brand Image dan Purchase Intention. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 22(1), 1–15. https://doi.org/10.33061/jeku.v22i1.7619

Anggela, N. L. (2023). Prospek Bisnis Makanan & Minuman Masih Seksi dan Menarik pada 2023. Ekonomi Bisnis. https://ekonomi.bisnis.com/read/20230602/12/1661636/prospek-bisnis-makanan-minuman-masih-seksi-dan-menarik-pada-2023

APJII. (2023). Survei APJII Pengguna Internet di Indonesia Tembus 215 Juta Orang. APJII. https://apjii.or.id/berita/d/survei-apjii-pengguna-internet-di-indonesia-tembus-215-juta-orang

Asih, R. R. D., Faisal, A., & Hermi. (2024). Pengenalan Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Untuk Memasarkan Produk Kepada Mitra UMKM. Dirkantara Indonesia, 2(2), 81–88. https://journal.fourzero.id/index.php/di/article/view/67/48

Ayu Desy Trisnadewi Darmawan, P., Ngurah Suyatna Yasa, P., Made Wahyuni, N., & Goldina Puteri Dewi, K. (2022). Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bi snis PENGARUH ELEKTRONIC WORD OF MOUTH DAN CITRA MEREK TERHADAP NIAT BELI. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis , 7(1), 89–100. https://journal.undiknas.ac.id/index.php/manajemen

Damayanti, Y. (2020). Kajian Literatur Efektivitas Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen Di Sosial Media. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 2(1), 31–45. https://doi.org/10.15642/manova.v2i1.354

Hardini, R., Iffa Nurani, M., Larasayu, F., & Permana, E. (2023). Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Menggunakan Influencer di Media Sosial Instagram Pasca Pandemi. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 8(2), 134–148. https://doi.org/10.21067/jrpe.v8i2.8718

Hariono, L. (2019). Apakah E-Wom (Electronic Word of Mouth) Bisa Mengalahkan Wom (Word of Mouth) Dalam Mempengaruhi Penjualan Produk Kuliner. Competence : Journal of Management Studies, 12(1). https://doi.org/10.21107/kompetensi.v12i1.4946

Hetharie, J. A., Natten, S., & Rieuwpassa, A. (2023). Peran Kepuasan Pelanggan Dalam Memediasi Pengaruh Dimensi Servqual Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Metode Structural Equation Modelling. PUBLIC POLICY (Jurnal Aplikasi Kebijakan Publik & Bisnis), 4(1), 137–156. https://doi.org/10.51135/publicpolicy.v4.i1.p137-156

Khoirunnisa, D. E. vitaloka, Wilanda, S. Di., Nurliana, S., Zikrinawati, K., & Fahmy, Z. (2023). Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WOM) dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian pada Pengguna Tokopedia. Jurnal Mahasiswa Kreatif, 1(2), 53–65. https://doi.org/10.59581/jmk-widyakarya.v1i2.749

Kominfo. (2017). Kuliner, Kriya dan Fashion, Penyumbang Terbesar Ekonomi Kreatif. Kominfo. https://www.kominfo.go.id/content/detail/11034/kuliner-kriya-dan-fashion-penyumbang-terbesar-ekonomi-kreatif/0/berita_satker

Lukman, L., & Sudradjat. (2023). Pemanfaatan Digitalisasi Pada Industri Kreatif Sektor Kuliner Pasca Pandemi Covid-19. Seminar Nasional, 2(1), 273–288. https://prosiding.borobudur.ac.id/index.php/1/article/view/70%0Ahttps://prosiding.borobudur.ac.id/index.php/1/article/download/70/63

Majid, A. A. Al, & Sumadi. (2022). Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Brand Image terhadap Sikap dan Minat Beli Konsumen Pakaian Pada E-Commerce di Yogyakarta. Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 01(03), 24–38.

Putri, A. D., & Hastasari, C. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN TESTIMONI PEMBELI TERHADAP TINGKAT BRAND TRUST PADA PEMBELI ONLINE (Survei Terhadap Pembeli Online Shop Shopee pada Mahasiswa di Kecamatan Depok). Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 184–191. https://doi.org/10.21831/lektur.v2i2.15812

Sumiyati, & Rohman, A. (2022). Analisis Persaingan Bisnis Pada Usaha Kuliner Dalam Meningkatkan Pelanggan Menurut Perspektif Etika Bisnis Islam. Kaffa: Journal of Sharia Economic & …, 1(2), 1–24. https://journal.trunojoyo.ac.id/kaffa/article/view/18151%0Ahttps://journal.trunojoyo.ac.id/kaffa/article/download/18151/7729

Wardani, P. (2023). Pemanfaatan Sosial Media untuk Promosi Usaha Kuliner. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana, 18(1), 1–4. https://repository.telkomuniversity.ac.id/pustak

Downloads

Published

2024-08-29

How to Cite

Kurniawati, Yaputra, H. ., & Aryati, T. . (2024). Strategi Positif e-WOM dalam Meningkatkan Purchase Intention. Dirkantara Indonesia, 3(1), 7–14. https://doi.org/10.55837/di.v3i1.117

Issue

Section

Articles