Pendampingan Praktek Pembuatan Akun Sosial Media untuk Pemasaran Produk
DOI:
https://doi.org/10.55837/di.v2i1.80Keywords:
UMKM, Media Social, BloggerAbstract
Pandemi Covid 19 telah memasuki tahun kedua melanda dunia termasuk Indonesia. Kondisi ini memberikan dampak yang sangat signifikan bagi dunia usaha di Indonesia. Seluruh bisnis dengan omset besar maupun kecil terkena dampaknya, termasuk para pelaku UMKM di Kecamatan Pondok Aren, kota Tangerang Selatan. Dampak yang paling besar dirasakan adalah turunnya omset penjualan sehingga pendapatan hasil penjualan menjadi berkurang. Disamping menurunnya omset penjualan, masalah lain yang dihadapi UMKM di Kecamatan Pondon Aren adalah kurangnya pengetahuan pelaku bisnis dalam mengoptimalkan pemanfaatan saluran pemasaran online. Oleh sebab itu para pelaku UMKM di Kecamatan Pondok Aren memerlukan pelatihan bagaimana memanfaatkan dan menggunakan media social sebagai salah satu saluran pemasaran online. Metode pelatihan dibuat sederhana dengan pelatihan langsung, diskusi mengenai platform dan konten yang akan digunakan dan review Bersama mengenai hasil penggunaan media sosial.
References
Angelyn, A., & Kodrat, D. S. (2021). The Effect of Social Media Marketing on Purchase Decision with Brand Awareness as Mediation on Haroo Table. International Journal of Review Management Business and Entrepreneurship (RMBE), 1(1), 16–24. https://doi.org/10.37715/rmbe.v1i1.1946
Chan, B., Purwanto, E., & Hendratono, T. (2020). Social Media Marketing , Perceived Service Quality , Consumer Trust and Online Purchase Intentions. Technology Reports of Kansai University, 62(10), 6265–6272.
Herdiyani Sankist, & Safa'atul Berkah. (2022). Peranan Media Sosial Dalam Mengembangkan Suatu Bisnis: Literature Review. Jurnal Administrasi Bisnis, 021-1249. https://doi.org/10.26593/jab.v18i2.5878.103-121
Shell, A. (2016). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Niat Pembelian Pengikut Media Sosial Produk Skincare di Jakarta. 3(2), 1–23.
Umair Manzoor, Sajjad Ahmad Baig, Muhammad Hashim, & Abdul Sami. (2020). Impact of Social Media Marketing on Consumer’s Purchase Intentions: The Mediating role of Customer Trust. International Journal of Entrepreneurial Research, 3(2), 41–48. https://doi.org/10.31580/ijer.v3i2.1386
https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2023/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Arnolt Kristian Pakpahan, Sri Vandayuli Riorini, Aqamal Haq

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Most read articles by the same author(s)
- Arnolt Kristian Pakpahan, Luki Adiati Pratomo , Shafrani Dizar , Yuana Jatu Nilawati , Alvito Basnanta Tarigan , Ramadani , Dewi Anggraeni , Aplikasi dalam Konteks Bisnis dan Akuntansi , Dirkantara Indonesia: Vol. 3 No. 1: Maret-Agustus 2024
- Ovy Noviati Nuraini Magetsari, Arnolt Kristian Pakpahan, Abubakar Arief, Alvito Bastanta , Ramadani , Dewi Anggraeni , Upaya Pengembangan UMKM Melalui Digital Marketing , Dirkantara Indonesia: Vol. 3 No. 2 (2025): September-Februari