Pendampingan Praktek Pembuatan Akun Sosial Media untuk Pemasaran Produk

Authors

  • Arnolt Kristian Pakpahan Universitas Trisakti
  • Sri Vandayuli Riorini Universitas Trisakti
  • Aqamal Haq Universitas Trisakti

DOI:

https://doi.org/10.55837/di.v2i1.80

Keywords:

UMKM, Media Social, Blogger

Abstract

Pandemi Covid 19 telah memasuki tahun kedua melanda dunia termasuk Indonesia. Kondisi ini memberikan dampak yang sangat signifikan bagi dunia usaha di Indonesia. Seluruh bisnis dengan omset besar maupun kecil terkena dampaknya, termasuk para pelaku UMKM di Kecamatan Pondok Aren, kota Tangerang Selatan. Dampak yang paling besar dirasakan adalah turunnya omset penjualan sehingga pendapatan hasil penjualan menjadi berkurang. Disamping menurunnya omset penjualan, masalah lain yang dihadapi UMKM di Kecamatan Pondon Aren adalah kurangnya pengetahuan pelaku bisnis dalam mengoptimalkan pemanfaatan saluran pemasaran online. Oleh sebab itu para pelaku UMKM di Kecamatan Pondok Aren memerlukan pelatihan bagaimana memanfaatkan dan menggunakan media social sebagai salah satu saluran pemasaran online. Metode pelatihan dibuat sederhana dengan pelatihan langsung, diskusi mengenai platform dan konten yang akan digunakan dan review Bersama mengenai hasil penggunaan media sosial.

References

Angelyn, A., & Kodrat, D. S. (2021). The Effect of Social Media Marketing on Purchase Decision with Brand Awareness as Mediation on Haroo Table. International Journal of Review Management Business and Entrepreneurship (RMBE), 1(1), 16–24. https://doi.org/10.37715/rmbe.v1i1.1946

Chan, B., Purwanto, E., & Hendratono, T. (2020). Social Media Marketing , Perceived Service Quality , Consumer Trust and Online Purchase Intentions. Technology Reports of Kansai University, 62(10), 6265–6272.

Herdiyani Sankist, & Safa'atul Berkah. (2022). Peranan Media Sosial Dalam Mengembangkan Suatu Bisnis: Literature Review. Jurnal Administrasi Bisnis, 021-1249. https://doi.org/10.26593/jab.v18i2.5878.103-121

Shell, A. (2016). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Niat Pembelian Pengikut Media Sosial Produk Skincare di Jakarta. 3(2), 1–23.

Umair Manzoor, Sajjad Ahmad Baig, Muhammad Hashim, & Abdul Sami. (2020). Impact of Social Media Marketing on Consumer’s Purchase Intentions: The Mediating role of Customer Trust. International Journal of Entrepreneurial Research, 3(2), 41–48. https://doi.org/10.31580/ijer.v3i2.1386

https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2023/

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Pakpahan, A. K., Sri Vandayuli Riorini, & Aqamal Haq. (2023). Pendampingan Praktek Pembuatan Akun Sosial Media untuk Pemasaran Produk. Dirkantara Indonesia, 2(1), 7–12. https://doi.org/10.55837/di.v2i1.80

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)