Penerapan Aplikasi Komputer Akuntansi bagi Tenaga Kependidikan

Authors

  • Yuana Jatu Nilawati Universitas Trisakti
  • Cicely Delfina Harahap Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti
  • R Ajeng Entaresmen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti
  • Asep Hermawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti

DOI:

https://doi.org/10.55837/di.v3i1.119

Keywords:

Guru SMK, P4 Jakarta Barat, Spreadsheet

Abstract

Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi tenaga kependidikan dalam mengoperasikan aplikasi komputer akuntansi. Dengan perkembangan teknologi informasi yang pesat, kemampuan dalam mengentry dan mengolah data akuntansi menggunakan spreadsheet menjadi kebutuhan mendesak bagi tenaga kependidikan. Pelatihan ini dilakukan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti dengan dukungan dari Pusat Pelatihan dan Pengembangan Pendidikan Jakarta Barat (P4-Jakbar). Metode pelaksanaan pengabdian ini meliputi tiga tahapan: persiapan, pelaksanaan, dan penyelesaian. Tahap persiapan mencakup perencanaan materi dan seleksi peserta. Tahap pelaksanaan dilakukan melalui diskusi dan pelatihan yang diikuti oleh tenaga kependidikan dari berbagai SMK di Jakarta Barat, bertempat di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti. Pelatihan ini mencakup demonstrasi dan praktik langsung penggunaan aplikasi komputer akuntansi. Hasil yang dicapai dari pengabdian ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan peserta dalam mengoperasikan aplikasi komputer akuntansi. Peserta menjadi lebih mahir dalam mengentry dan mengolah data akuntansi, yang diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja mereka di sekolah. Keberlanjutan program ini dijamin melalui rencana tindak lanjut yang meliputi monitoring dan evaluasi berkala, serta penyediaan dukungan teknis lanjutan bagi peserta. Program pelatihan ini diharapkan dapat menjadi model bagi program-program pelatihan serupa di masa mendatang, guna mendukung peningkatan kualitas tenaga kependidikan dalam menghadapi tantangan era industri 4.0.

References

of Educators and Education Personnel. Indonesian Research Journal in Education |IRJE|, 4(2), 324–346. https://doi.org/10.22437/irje.v4i2.9410

Girsang, I. M. Q. (2022). Pengaruh Pelatihan terhadap Kinerja Guru Pada SMA Negeri 4 Medan di Masa Pandemi Covid-19. Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

Kemdikbud. (2023). Pemerintah Fokus Pendidikan Kejuruan, Revitalisasi SMK Tunjukkan Dampak Positif. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/04/pemerintah-fokus-pendidikan-kejuruan-revitalisasi-smk-tunjukkan-dampak-positif

Lastanti, H. S., Oktaviani, A. A., & Besnedi. (2023). Peningkatan Implementasi Konsep dan Praktik Spreadsheet untuk Pelaporan Bisnis Bagi Tenaga Kependidikan Perguruan Tinggi. Jurnal Pengabdi Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 4(3), 2580–2586.

Littlecott, H. J., Moore, G. F., & Murphy, S. M. (2018). Student health and well-being in secondary schools: the role of school support staff alongside teaching staff. Pastoral Care in Education, 36(4), 297–312. https://doi.org/10.1080/02643944.2018.1528624

Musfira, R. S., Karlina, N., & Susanti, E. (2022). PENGARUH PELATIHAN KOMPETENSI TENAGA PENDIDIK PENDIDIKAN INKLUSIF TERHADAP KINERJA GURU DALAM MENYELENGGARAKAN PENDIDIKAN INKLUSIF DI SMPN 30 BANDUNG The Influence of Educators Competency Training of Inclusive Education towards Teachers Performance in Hol. Jurnal Administrasi Negara), Februari, 13(2), 185–194.

Myori, D. E., Chaniago, K., Hidayat, R., Eliza, F., & Fadli, R. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 5(2), 102. https://doi.org/10.24036/jtev.v5i2.106832

Najwa, L., Suhardi, M., & Angraini, M. (2022). Peran Tenaga Kependidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Pendidikan. ACADEMIA : Jurnal Inovasi Riset Akademik, 2(4), 319–324. https://doi.org/10.51878/community.v2i2.1901

Nurrahman, A., Aghni, R. I., Cahyani, M. D., & Ziddan, M. (2024). Pelatihan Spreadsheet Akuntansi sebagai Strategi Peningkatan Keterampilan Bekerja Siswa di Abad 21. Jurnal Inspirasi Mengabdi Untuk Negeri, 3(2), 40–52.

Riyanti, D., Irfani, S., & Prasetyo, D. (2022). Pendidikan Berbasis Budaya Nasional Warisan Ki Hajar Dewantara. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 345–354. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1833

Salim, M. P. (2023). Spreadsheet Adalah Aplikasi Pengolahan Data, Pahami Fungsi dan Formula yang Umum Digunakan. Liputan6.Com. https://www.liputan6.com/hot/read/5372021/spreadsheet-adalah-aplikasi-pengolahan-data-pahami-fungsi-dan-formula-yang-umum-digunakan

Setiawan, I., Ramdani, F. T., Sultoni, M. R., & ... (2023). Kinerja Tenaga Kependidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Karimah Tauhid, 2(4), 856–865. https://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/view/9708%0Ahttps://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/download/9708/3977

Siregar, I. F., Rasyad, R., & Onasis, D. (2020). Peningkatan Pemahaman Aplikasi Komputer Akuntansi Sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru Dan Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Nurul Falah Pekanbaru. Diklat Review: Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 4(1), 1–7.

Yustinus Sanda, Agustina Pitriyani, & Yesepa. (2022). Manajemen Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Dalam Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi Keagamaan Katolik. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(1), 79–88. https://doi.org/10.25078/jpm.v8i1.765

Downloads

Published

2024-08-29

How to Cite

Nilawati, Y. J., Harahap, C. D. ., Entaresmen, . R. A. ., & Hermawan, A. . (2024). Penerapan Aplikasi Komputer Akuntansi bagi Tenaga Kependidikan. Dirkantara Indonesia, 3(1), 21–28. https://doi.org/10.55837/di.v3i1.119

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)