Mengembangkan Karakteristik Wirausaha Digital pada Sekolah Bina Amanah Cordova Tangerang

Authors

  • Sarfilianty Anggiani Universitas Trisakti
  • Sisca Damayanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti
  • Shafrani Dizar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti
  • Slamet Wiyono Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti

DOI:

https://doi.org/10.55837/di.v2i2.81

Keywords:

Digitalprenuer, characteristic Entrepreneur, SMEs

Abstract

ABSTRACT

The use of digital technology for SMEs is important considering the changing public behavior due to the COVID-19 pandemic from shopping directly to stores or shops to shopping through online applications or marketplaces. The Objective of this community service to make people at the Bina Amanah Cordova School of Entrepreneurship understand what and how to have characteristics in order to be able to become digital entrepreneurs. The method in community service carried out by the Faculty of Economics and Business, Universitas Trisakti by carrying out counseling with the results obtained by potential entrepreneurs understand the characteristics of digital entrepreneurs in order to be able to compete and develop SMEs.

Penggunaan tehnologi digital bagi UMKM menjadi penting mengingat adanya erilaku masyarakat yang berubah karena ada pandemic covid-19 dari berbelanja langsung ke toko atau kedai menjadi berbelanja melalui aplikasi online atau market place. Tujuan dari Penyuluhan pada PKM ini agar membuat masyarakat yang ada di Sekolah Kewirausahan Bina Amanah Cordova memahami apa dan bagaimana memiliki karakteristik agar mampu menjadi wirausaha digital. Metode dalam pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti dengan melaksanakan penyuluhan dengan hasil yang didapatkan calon wirausaha memahami karakteritik wirausaha digital agar mampu bersaing untuk melanjutkan usaha dan mengembangkan UMKM.

References

Anggiani.S (2018)., Kewirausahaan: Polapikir pengetahuan Keterampilan, Jakarta. Prenadamedia Group.

Chelsea; Fiona Zhafira A; Jose Putra; Susana; Zahra Delia N (2022). Pengaruh Penggunaan Belanja Online Masyarakat Indonesia: Sebelum, Selama dan Sesudah Pandemi COVID-19. Nusantara: Jurnal Pendidikan, Seni, Sains dan Sosial Humanioral Vo1 (1), 154 -171.

Hanim.L, Soponyono dan Maryanto (2021) Pengembangan UMKM Digital di masa Pandemi Covid- 19, Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai.

Kisworo.B, Liliek D, Mintarsih A, Imam Shofwan (2022). Pendampingan Wirusaha Digital Kelompok Sadar Wisata Desa Kalongan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Abidmas Jurnal Pengabdian Kepada masyarakat Vol 26, 160-167.

Nurul, Dian M, Nurrul A, Novinda K (2023). “pengembangan Kewirausahaan Digital di Indonesia.Coopetition Jurnal Ilmiah manajemen. Vol 14 (2), 243-252. E-ISSN 2615-4978

Era Digital, Penyuluh Tetap Wajib Kunjungan Lapangan, 2023 https://kominfo.jatimprov.go.id/read/umum/era-digital-penyuluh-tetap-wajib-kunjungan-lapangan-

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

Anggiani, S., Damayanti , S. ., Dizar , S. ., & Wiyono , S. . (2024). Mengembangkan Karakteristik Wirausaha Digital pada Sekolah Bina Amanah Cordova Tangerang. Dirkantara Indonesia, 2(2), 125–132. https://doi.org/10.55837/di.v2i2.81