Pelatihan Teknik Foto dan Video Produk Pada Story dan Reel Instagram Sebagai Cara Mengoptimalkan Pemasaran Melalui Media Sosial

Authors

  • Ina Oktaviana Matusin Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti
  • Sarfilianty Anggiani Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi Universitas Trisakti
  • Hexana Sri Lastanti Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti
  • Ilham Ali Noor Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti

DOI:

https://doi.org/10.55837/di.v3i2.118

Keywords:

Foto, video, Instagram, media sosial

Abstract

Visual berupa foto suatu produk memiliki peran yang sangat penting dalam menunjang usaha, khususnya yang menjual produknya melalui media sosial seperti Instagram. Mitra pada kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah UMKM Azalea Grand Depok City (GDC) di kelurahan Jati Mulya, dimana sebagian besar usahanya masih skala usaha mikro kecil. Pelaku UMKM Azalea ini umumnya memiliki usaha sampingan yang dilakukan secara mandiri dengan berbagai jenis bidang usaha makanan dan minuman. Dalam memasarkan produknya pelaku UMKM ini telah menggunakan media sosial, khususnya Instagram. Namun pada kenyataannya, penggunaan media sosial Instagram ini tidak memberikan dampak yang berarti bagi penjualan produk Dari hasil wawancara dan diskusi dengan pihak mitra, dapat disimpulkan bahwa foto maupun video produk yang ditayangkan pada story dan reel Instagram terlihat tidak menarik. Kegiatan PkM ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pelaku UMKM Azalea dalam hal teknik foto dan video produk agar foto ataupun video yang dihasilkan menjadi lebih menarik ketika ditampilkan dimedia sosial, sehingga diharapkan dapat mengoptimalkan pemasaran melalui media sosial. Pelaksanaan dilakukan dengan metode pelatihan dan penyuluhan yang dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab dengan peserta.

Hasil evaluasi menunjukkan bahwa menurut peserta pelatihan (pelaku UMKM Azalea GDC) materi pelatihan teknik foto dan video produk yang diberikan sangat sesuai dengan kebutuhan mereka. Materi disajikan dengan menarik, jelas dan mudah dipahami. Disamping itu peserta pelatihan sangat berkeinginan untuk mempelajari materi lebih mendalam dan sangat berharap pelatihan dilakukan secara berkelanjutan, namun demikian peserta pelatihan menyatakan waktu yang disediakan untuk menyampaikan materi kurang lama, terlalu singkat. Peserta pelatihan berpendapat bahwa setiap pertanyaan/permasalahan yang diajukan ditindaklanjuti dengan baik oleh narasumber/anggota pengabdian yang terlibat dan mendapat manfaat langsung dari kegiatan pelatihan yang diberikan. Setelah pelatihan, rata-rata peserta pelatihan lebih mengerti cara membuat foto dan video produk yang baik dan menarik serta ingin mengaplikasikan langsung materi yang telah diberikan dan secara umum, peserta pelatihan puas dengan kegiatan PkM.

References

GM Susanto (2017). The Power of Digital Marketing. Elex Media Komputindo

Irawan, Fajar Awang, dan Limpad Nurrahmad. (2019). Peningkatan Softskill Dibidang Sport Recreation melalui Pelatihan dan Pendampingan Fotografi. http://dx.doi.org/10.15294/abdimas.v23i1.16371.

Jefferly Helianthusonfri (2020). Instagram Marketing untuk Pemula. Elex Media Komputindo.

Joel Athalla (2016). Memotret FotoProduk untuk toko online dengan smartphone. Grasindo Jakarta

Martiningtiyas, Catur Rahayu et al. (2022). Peran Media Sosial Untuk Pemasaran Digital. Dirkantara Indonesia 1(1): 25–30.

Syaipudin, L., & Awwalin, I. (2022). Strategi Promosi Melalui Pemanfaatan Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan pada Home Industry Baso Aci Mahira Lamongan. Sanskara Manajemen Dan Bisnis, 1(01), 31–42.

Yudhy S. Purwanto, dan Mira Veranita (2018). Pelatihan Fotografi Dasar Bagi Pelaku Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Kecamatan Lengkong Kota Bandung. http://repository.ekuitas.ac.id/handle/123456789/427

Downloads

Published

2025-04-25

How to Cite

Matusin, I. O., Anggiani, S., Sri Lastanti, H., & Ilham Ali Noor. (2025). Pelatihan Teknik Foto dan Video Produk Pada Story dan Reel Instagram Sebagai Cara Mengoptimalkan Pemasaran Melalui Media Sosial. Dirkantara Indonesia, 3(2), 61–66. https://doi.org/10.55837/di.v3i2.118

Most read articles by the same author(s)