Pelatihan Meningkatkan Kompetensi Penyusunan Laporan Keuangan bagi Anggota P4 Jakarta Barat

Authors

  • Deni Darmawati S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Trisakti
  • Netania Emilisa S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Trisakti
  • Yolanda Masnita S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Trisakti
  • Husna Leila Yusran S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Trisakti
  • Juni Ariarti S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Trisakti
  • Hadijah Ayu Claudia S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Trisakti
  • Dewi Anggraeni S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Trisakti

DOI:

https://doi.org/10.55837/di.v3i1.128

Keywords:

kompetensi guru, laporan keuangan, pelatihan, smk jakarta barat

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi guru-guru SMK di wilayah Jakarta Barat dalam penyusunan laporan keuangan. Latar belakang kegiatan ini adalah kebutuhan mendesak untuk memperkuat keterampilan guru dalam aspek keuangan, yang menjadi salah satu indikator penting dalam pengelolaan pendidikan yang lebih baik. Metode pelaksanaan pengabdian ini mencakup pendekatan yang komprehensif, yaitu melalui penyuluhan teori dasar, pelatihan langsung yang melibatkan praktik penyusunan laporan keuangan, serta pendampingan intensif yang dilakukan selama dan setelah pelatihan. Dalam proses pelaksanaan, dilakukan juga pembinaan dan evaluasi secara berkala untuk memastikan bahwa setiap peserta dapat menguasai materi dengan baik. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman dan kemampuan para guru dalam menyusun laporan keuangan. Selain itu, program ini dirancang untuk berkelanjutan dengan adanya rencana tindak lanjut berupa pendampingan pasca-pelatihan, yang bertujuan untuk memastikan penerapan konsep dan praktik yang telah diajarkan dapat berjalan secara optimal di sekolah masing-masing peserta. Kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi model bagi pelatihan serupa di masa depan.

References

Arianti. (2018, Desember). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika Jurnal pendidikan, 12(2), 117-134.

Kemendikbud. (2022). Buku Neraca Pendidikan Daerah. Retrieved from https://npd.kemdikbud.go.id/?appid=ukg

Kominfo. (2019, April 16). Pemerintah Fokus Pendidikan Kejuruan, Revitalisasi SMK Tunjukkan Dampak Positif. Retrieved from https://www.kominfo.go.id/content/detail/18040/pemerintahfokus-pendidikan-kejuruan-revitalisasi-smk-tunjukkan-dampak-positif/0/artikel_gpr

KOMINFO. (2022, Februari 26). HAdapi Persaingan Global, Pendidikan Tinggi Harus Tingkatkan Daya Saing. Retrieved from https://www.kominfo.go.id/content/detail/40247/hadapipersaingan-global-pendidikan-tinggi-harus-tingkatkan-daya-saing/0/berita

Setiawan, B. (2016). Hubungan Kinerja Guru dan Fasilitas Bengkel Praktik dengan prestasi Belajar Siswa Kelas X Teknik Pemesinan di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi Teknik Mesin, 4(5), 369-374.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14. (2005). Guru dan Dosen. Retrieved from https://jdih.usu.ac.id/phocadownload/userupload/Undang-Undang/UU%2014- 2005%20Guru%20dan%20Dosen.pdf

Downloads

Published

2024-08-29

How to Cite

Darmawati, D., Emilisa, N., Masnita, Y., Yusran, H. L., Ariarti, J. ., Claudia, H. A. ., & Anggraeni, D. . (2024). Pelatihan Meningkatkan Kompetensi Penyusunan Laporan Keuangan bagi Anggota P4 Jakarta Barat. Dirkantara Indonesia, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.55837/di.v3i1.128

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)